Gerhana Matahari total yang mampu dilihat pada tanggal 9 maret 2016 mampu member keuntungan tersendiri bagi Kalimantan Tengah . Hari yang ditunggu0tunggu itu, televise publik Jepang, NHK  memastikan bakal meliput fenomena alam langka ini.
Ketika Bangka Belitung , Palu,dan Maluku Utara menjadi sasaran bagi pemburu gerhana , NHK justru membidik Palangkaraya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah ,Joel Tanggara, mengatakan “ NHK memberitahu jika para kru mereka akan meliput gerhana di Palangkaraya.”


Tim NHK sendiri telah mensurvei lokasi liputan . Tim Lengkap dari NHK akan datang pada 7 Maret 2016 bersama 70 turis Jepang. Rombongan tersebut sudah memesan beberapa kamar di hotel berbintang di Kota Palangkaraya.
.
Saat gerhana mendatang, NHK akan merekam ritual-ritual unik suku Dayak , salah satunnya Baliyan . Hal ini melenceng dari perkiraan , bahwa NHK hanya akan merekam gerhana matahari total.


Di gerhana matahari total sebelumnya padda tahun 1983, NHK juga meliput gerhana total tersebut dengan bantuan Satelit Palapa agar siaran tersebut dapat ditonton langsung oleh pemirsa yang ada di Negara Sakura. 



http://news.detik.com/berita/3156364/tv-jepang-nhk-liputan-khusus-gerhana-di-palangkaraya
Reviewed by Unknown on 19:36 Rating: 5

No comments